nuffnang

Thursday, April 21, 2011

Ucapan Terima Kasih Pengaruhi Kesihatan

KEBANYAKAN orang tidak menyedari erti dan manfaat dari ucapan terima kasih. Padahal jika Anda mengucapkan terima kasih kepada seseorang, walaupun hanya dengan senyum kecil, ternyata tanpa disedari telah memberikan kebahagian kepada diri Anda sendiri.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Robert A Emmons, seorang profesor psikologi di University of California, ucapan terima kasih yang Anda berikan kepada seseorang ternyata memberikan manfaat bagi kesihatan Anda.

Seperti dilansir Canada.com, penelitian yang dilakukan Emmons telah menemukan kenyataan bahwa orang yang dalam kesehariannya akrab dengan ucapan terima kasih berpengaruh terhadap kesihatan orang tersebut. Dalam penelitian Emmons, ucapan terima kasih baik kepada ibu, teman, rekan kerja, dan Tuhan sekalipun diyakini berdampak positif terhadap kondisi psikis orang tersebut.

Selain itu, diakui bahwa ucapan terima kasih juga menjadi sumber kebaikan hidup seseorang. Sumber ini akan memelihara siapa pun yang mengucapkannya. Orang yang selalu mengucapkan terima kasih akan selalu merasakan kepuasan pada batin dan fikirannya.

Memang, ucapan terima kasih tidak akan selalu mendapat reaksi nyata pada diri Anda. Tetapi hal itu akan diawali oleh fikiran Anda. Dan secara simultan pikiran Anda akan membawa kesihatan pada tubuh Anda.

Saat seseorang berada dalam kondisi kritis atau jatuh, ucapan terima kasih ternyata juga membawa pengaruh yang positif pada orang tersebut. Sungguh buruk jika kebanyakan orang menghabiskan waktu dalam pekerjaan hanya mementingkan dirinya sendiri.

Dalam penelitian ilmiah Emmons tersebut, juga dimasukkan tulisan filsuf, ilmu agama, novelis dan kitab suci yang oleh humanis Albert Schweitzer dikatakan sebagai sebuah rahasia hidup "kasih memberi untuk segalanya".

Nah melihat penyelidikan yang dilakukan Profesor A Emmons ini, tentu akan membuat semua orang tersedar kembali untuk selalu memberikan ucapan terima kasih kepada orang di sekitarnya. Terima Kasih.
                              
                                            Oleh : Toto Pribadi - Okezone

No comments:

Post a Comment